Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Kelompok Usahadappika Dan Osaka
Dewi Kusuma Wardani, Simon Pulung Nugroho 27 September 2018 Teknik Informatika

Abstract / Intisari :
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Kesuksesan UMKM dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pemasaran, teknologi, sumber daya manusia, dan modal. Jadi, salah satu hal yang harus dimanfaatkan oleh UMKM adalah kemajuan teknologi, yaitu sosial media. Sosial media ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran UMKM. Kelompok Dappika dan Osaka merupakan dua kelompok UMKM di desa Pengkok, Patuk, Gunung Kidul. Kedua kelompok ini merupakan produsen olahan pisang dan ketela. Berdasarkan kondisi saat ini, secara umum dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran Kelompok Usaha Dappika dan Osaka belum optimal karena belum memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk mengembangkan media sosial sebagai media pemasaran di Kelompok Usaha Dappika dan Osaka. Kegiatan ini dilakukan dengan penekanan pada metode partisipasi aktif kelompok sasaran Dengan metode pendekatan partisipasi aktif, diharapkan kelompok sasaran dapat menguasai teknik strategi pemasaran online. Mekanisme kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan kegiatan, yaitu penetapan kelompok sasaran, penyuluhan, kegiatan pembinaan dan monitoring, serta evaluasi program kegiatan Kata kunci— media sosial, pemasaran, kelompok usaha, partisipasi aktif

File PDF :
   Dewi Kusuma Wardani, Simon Pulung Nugroho--stmikelrahma.pdf

Tag Jurnal :
   0