Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (tik) Dalam Penilaian Hasil Pembelajaran
Edy Prayitno dkk 26 Mei 2017 Sistem Informasi

Abstract / Intisari :
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan penilaian hasil pembelajaran, dengan latar belakang banyaknya kelemahan pada ujian konvensional, yaitu kecenderungan mahasiswa untuk berbuat curang, pengawas yang tidak konsisten dengan tugasnya, manajemen waktu yang kurang tertata baik, serta resiko hilangnya lembar jawab siswa. Penulis berinisiatif memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mengurangi kelemahan-kelemahan tersebut.Dalam hal ini, penulis merencanakan untuk membuat penilaian pembelajaran berbasis web dengan mengaplikasikan sistem pengujian terkomputerisasi (computer-based test). Dengan sistem ini, soal-soal yang telah dibuat dan diunggah ke dalam sistem akan disimpan dalam data base/bank soal yang akan ditampilkan ke komputer/perangkat pendukung lain milik mahasiswa secara acak. Dengan sistem ini, maka kelemahan terdapat di sistem pengujian konvensional dapat diminimalisir, kemungkinan mahasiswa mencontek semakin kecil, tugas pengawas hanya membuka portal dan memastikan mahasiswa bisa login untuk mengerjakan soal, pengaturan waktu akan terkelola secara otomatis, tidak ada resiko kehilangan lembar jawab dan dosen tidak perlu mengoreksi. Kata kunci -- computer-based test,dosen,mahasiswa,penilaian,teknologi informasi dan komunikasi Abstract This study aims to maximize the assessment of learning outcomes, against the background of many weaknesses in conventional examinations, namely the tendency of students to cheat, supervisors who are inconsistent with their duties, less well organized time management, and the risk of loss of student answer sheets. The author took the initiative to utilize Information Communication Technology (ICT) to reduce these weaknesses. In this case, the author plans to make a web-based learning assessment by applying a computerized test system (computer-based test). With this system, problems that have been created and uploaded into the system will be stored in the data base / bank questions that will be displayed to the computer / other support devices belonging to students at random. With this system, the weaknesses found in conventional testing systems can be minimized, the possibility of students cheating smaller, supervisory tasks only open the portal and ensure students can login to do the problem, the time will be managed automatically, there is no risk of loss of answer sheets and lecturers do not need to correct Keywords— assessment, computer-based test, information communication technology, lecturer, students

File PDF :
   Edy Prayitno dkk-60-stmikelrahma.pdf

Tag Jurnal :
   0